PROMOSI PENJUALAN
STUDY
KASUS PT SMARTFREN TELECOM TBK
(SMARTFREN)
penjualan
besar dan menguntungkan, Namun tanpa didukung promosi penjualan yang baik omset
penjualan optimal belum tentu bisa diraih untuk itu promosi penjualan sangat
dan memang harus dilakukan Disetiap perusahan yang bergerak dibidang
perdagangan dan penjualan produk, promosi penjualan merupakan sesuatu yang
tidak bisa ditinggalkan. Karena tidak ada perusahaan dagang atau penjualan yang
tidak melakukan promosi penjualan dalam menjalankan aktifitas penjualan
produknya, Promosi penjualan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan media,
Baik itu yang menggunakan anggaran biaya besar sampai
yang kecil. Promosi penjualan memegang peranan yang sangat penting untuk
mencapai tujuan dari usaha dagang atau usaha yang bergerak dalam penjualan
produk. Semua usaha penjualan pasti mempunyai tujuan untuk menghasilkan omset
oleh perusahaan.
Untuk
mencapai tujuan berupa omset penjualan yang optimal dan menguntungkan, Promosi
penjualan yang benar dan tepat harus dilakukan, Karena pada dasarnya promosi
penjualan mempunyai tujuan penting yang akan mendukung tercapaianya omset
optimal yang menguntungkan bagi perusahaan. Agar perusahan tidak mengalami
kerugian dan mencapai tujuannya yaitu mendapatkan omset penjualan yang optimal
dibutuhkan pula strategi promosi penjualan yang baik dan agar bisa menarik
pelanggan.
Pengertian
Promosi
pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran
yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau
mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia
menerima, membeli dan loyal pada produk
yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219). Sementara
Sistaningrum (2002 : 98) mengungkapkan arti promosi adalah suatu upaya atau
kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen
potensial” agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan,
saat ini atau dimasa yang akan datang. Konsumen aktual adalah konsumen yang
langsung membeli produk yang ditawarkan pada saat atau sesaat setelah promosi
produk tersebut dilancarkan perusahaan. Dan konsumen potensial adalah konsumen
yang berminat melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan
dimasa yang akan datang.
Hubungan
promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angka
penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan
mengurangi kegiatan promosi. Adanya promosi penjualan dapat membantu
meningkatkan penjualan dalam jangka waktu pendek, biasanya hanya selama
kegiatan tersebut diselenggarakan. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan
cara memberikan hadiah gratis setiap pembelian produk dengan jumlah tertentu,
memberikan sampel produk gratis kepada para konsumen untuk menarik minat mereka
akan produk yang kita tawarkan, sehingga mendorong para konsumen untuk membeli
produk atau jasa yang kita tawarkan pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan.
Definisi
promosi penjualan menurut institute of sales promotion in England: Promosi
penjualan terdiri dari serangkaian teknik yang digunakaan untuk mencapai
sasaran-sasaran penjualan/ pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif,
dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara
maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu.
Promosi
penjualan menggambarakan insentif-insentif dan hadiah-hadiah
untuk membuat para pelanggan membeli barang-barang perusahaan sekarang ketimbang nanti. Jika iklan adalah alat jangka panjang untuk membentuk perilaku pasar terhadap suatu merk, promosi penjualan dimaksudkan sebagai alat jangka pendek untuk memicu terjadinya tindakan pembelian. Promosi penjualan menghasilkan respons-respons yang lebih cepat dan terukur dalam penjualan daripada yang dapat dilakukan oleh iklan. Sekarang ini pembagian antara periklanan dan promosi penjualan adalah 30-70.
untuk membuat para pelanggan membeli barang-barang perusahaan sekarang ketimbang nanti. Jika iklan adalah alat jangka panjang untuk membentuk perilaku pasar terhadap suatu merk, promosi penjualan dimaksudkan sebagai alat jangka pendek untuk memicu terjadinya tindakan pembelian. Promosi penjualan menghasilkan respons-respons yang lebih cepat dan terukur dalam penjualan daripada yang dapat dilakukan oleh iklan. Sekarang ini pembagian antara periklanan dan promosi penjualan adalah 30-70.
Pertumbuhan
promosi penjualan yang mencerminkan prioritas perusahaan yang lebih tinggi
berkaitan dengan penjualan saat ini daripada terhadap pembentukan merk jangka
panjangnya. Ini adalah satu bentuk hasil dari transaction marketing (TM)
ketimbang relationship marketing (RM). Promosi
penjualan dapat diarahkan pada pengecer, pelangan dan tenaga penjualan.
Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon harga, jatah
iklan dan display, dan produk-produk gratis. Mungkin pelanggan membeli produk
kita jika disediakan kupon-kupon potongan harga, paket harga, hadiah-hadiah dan
jaminan-jaminan. Tenaga penjual akan beroperasi dengan lebih giat sebagai
respons atas diselenggarakannya kontes-kontes berhadiah untuk kinerja terbaik.
A.
Peran Promosi Penjualan
Secara umum terdapat tiga tujuan dari promosi
penjualan yaitu :
- merangsang permintaan oleh pengguna industri atau konsumen rumah tangga.
- memperbaiki kinerja pemasran dari penjualan kembali
- sebagai suplemen periklanan, penjualan tata muka, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.
Secara spesifik, tujuan promosi penjualan hampir sama
dengan periklanan yaitu agar konsumen mau encoba pengguanaan produk, mendorong
peningkatan pengeluaran sepanjang masa liburan, dan mendorong konsumen yang
sudah ada agar menggunakan produk lebih sering lagi.
B.
Hubungan Promosi Penjualan dengan Periklanan
Perbedaan promoi penjualan dengan periklanan
Periklanan
|
Promosi penjuaan
|
|
|
C.
Tujuan
Adapun
manfaat dari promosi penjualan selain untuk meningkatkan tujuan omset
perusahaan itu sendiri. Promosi penjualan yang dilakukan oleh penjual dapat
dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai. Pengelompokan tersebut adalah
sebagai berikut :
1. Customer
promotion,
yaitu
promosi yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
2. Trade
promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang
grosir, pengecer, eksportir dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa
dari sponsor.
3. Sales-force
promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjualan.
4. Business
promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru,
mempertahankan kontrak hubungan dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru,
menjual lebih banyak kepada pelanggan lama dan mendidik pelanggan.
Namun
yang jelas apapun jenis kebutuhan yang akan diprogramkan untuk dipengaruhi,
tetap pada perencanaan bagaimana agar perusahaan tetap eksis dan berkembang.
Apalagi jika perusahaan tersebut mempunyai lini produk lebih dari satu macam.
D.
Consumer-Market
Sales Promotion Techniques
1. Coupons
(kupon)
Sertifikat
yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang
tercetak untuk pembelian produk tertentu. Kupon dapat dikirim, disertakan atau
dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalm iklan di majalah dan Koran. Kupon
agar efektif sebaiknya memberika penghematan 15% sampai 20%
2. Price-off
Deals
Memberikan
potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar
dari 10% -25%.
3. Premium and
advertising specialties
Barang yang
ditawarkan dengan biaya yang relative rendah atau gratis sebagai insentif untuk
membeli produk tertentu. Premi dengan paket menyertai produk di dalam atau pada
kemasan. Kemasan itu sendiri, jika berupa wadah yang dapat digunakan kembali
dapat berfungsi sebagai premi. Contohnya: sabun lux melakukan promosi yang
menyelipkan cincin berlian dalam kemasannya. advertising specialties mempunya 3
elemen kunci, yaitu: a message, place on a useful item, and given to consumers
with no obligation. Contohnya kalender, t-shirts, coffe mugs, topi base ball,
pens and computer mose pad.
4. Contest and
sweepstakes (Kontes dan Undian)
Hadiah
adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau
barang-brang karena membeli sesuatu. Ada juga beberapa kontes tentang mebuat
jingle suatu produk.
5. Sampling and
trial offers (pemberian contoh produk)
Penawaran
gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu dapat dikirim dari rumah ke
rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau
dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sample adalah cara yang paling
efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru.
teknik
yang dipergunakan pada sampling
·
In-store sampling
Yang umum digunakan untuk
produk-produk makanan dan kosmetika.
·
Door-to-door sampling
Teknik ini lumayan mahal
karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai
informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai
pada area geografi tertentu.
·
Mail sampling
Mengirimkan sample
melalui jasa pos. Sekali lagi perusahaan harus mengetahui kode daerah pos yang
dapat ditargetkan. Bisa juga jasa layanan pos merupakan alternative dari
distribusi door-to-door.
·
Newspaper sampling
Teknik yang popular pada
beberapa tahun terakhir ini dan hampir 42% konsumen melapor menerima sample.
·
On-Package sampling
Teknik dimana sample
barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk Brands
Targeted Contohnya: Pembelian RInso Berhadiah Molto Softener kemasan kecil.
Pembelian shampoo pantene berhadiah conditioner pantene.
·
Mobile sampling
Membawa keluar logo untuk
menghiasi mall, area rekreasi, pekan raya dan pusat perbelanjaan.
6. Brand
(Product) placement
Salah
satu teknik dari sales promotion untuk mencapai pasar dengan memasukan produk
pada sebuah acara televise atau film. Contoh: agent inggris 007, james bond,
menggantikan mobil Aston martin sports dengan New BMW Z3, suatu penempatan merk
pada film golden eye sehingga pihak promosi BMW menghasilkan 6000 pesanan untuk
tipe Z3.
7. Rebates
(Rabat/ tawaran pengembalian tunai)
Memberikan
pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan bukab pada took pengecer.
Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen. Dikenal dalam
tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis.
8. Frequency
(Continuity)
programs Ini
merupakan salah satu teknik sales promotion yang popular diantara konsumen.
Frequency programs, juga mengarah kepada program-program yang berkelanjutan,
seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai
terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan
yang sama.
9. Event
Sponsorship
Ketika
perusahaan mensponsori suatu acara, seperti pertandingan balap mobil, konser
musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut
sehingga membuat kredibilitas Merk meningkat bersamaan dengan para penonton di
acara tersebut. Contoh: Bank Mandiri mensponsori acara berbagi dengan aceh,
Wishmilak mengadakan pertandingan Tennis international di Bali.
permasalahan
PT Smartfren Telecom Tbk (smartfren) awalnya
bernama PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) sebelum bulan April 2011. Perusahaan ini awalnya dimiliki oleh PT
Global Mediacom Tbk. Namun
akibat krisis finansial dan penurunan penjualan produk, maka Perusahaan ini
diakuisisi oleh Sinar Mas Group pada bulan November 2011. PT Smartfren Telecom, Tbk. adalah
operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki
lisensi selular dan mobilitas terbatas (fixed wireless access), serta memiliki
cakupan jaringan CDMA EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G)
yang terluas di Indonesia. Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi
pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B (setara dengan 3,5G
dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang
menyediakan layanan Blackberry.
Jasa dan layanan Smartfren memiliki
nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan
menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk
meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi. Sebagai operator
CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile
broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi
penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas
terbaik.
Namun semakin berkembangnya
teknologi di era globalisasi sekarang ini banyak pula handphone CDMA yang
menyediakan layanan seperti smartfren, persaingan yang semakin ketat ini
membuat smarfren harus lebih mengasah otak untuk mempunyai promosi penjualan
agar produk smartfren tetap tidaak terkalahkan oleh produk-produk pesaing yang
semakin banyak agar tetap mendapatkan laba yang di ingunkan pula. Maka dari itu
smartfren harus mempunyai cara –cara dan strategi dalam promosi penjualannya.
PEMBAHASAN
Promosi Penjualan Yang Dilakukan PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren)
Untuk Bersaing Dengan Para Pesaing Bisnisnya.
Smartfren
merupakan salah satu operator Indonesia yang saat ini fokus pada smartphone di
Indonesia. Euforia beberapa gadget mereka cukup diminati di Indonsia dengan
angka penjualan yang cukup tinggi.
Meskipun tidak hanya smartphone yang diproduksi oleh smartfren karena
smartfren juga memproduksi modem, voucerpulsa, dan nomer cdma tetapi dengan
melihat eurofia beberapa gadget smaartfren tidak tinggal diam dengan
meluncurkan berbagai gadget yang tida mau kalah dengan smartphone yang lain.
Smartfren yang merupakan salah satu
penyedia jasa layanan telepon dan internet berbasiskan jaringan CDMA ikut
meramaikan gadget yang menggunakan OS Android melalui produknya yang sangat
terkenal yaitu Smartfren Andromax. Seakan tidak mau kalah dalam hal kualitas
dengan brand ternama seperti Samsung dan Sony, spesifikasi pada smartfren
andromax tab maupun smartphone cukup mumpuni dan memiliki kualitas yang baik.
Sebagai contoh dapat kita lihat pada salah satu produk terbarunya yaitu
Andromax Z yang sudah menggunakan processor quad core, OS jelly bean, kamera 8
MP, layar HD resolusi tinggi dan berbagai fitur canggih lainnya yang bersaing.
Agar tidak kalah dengan pesaing –
pesaingnya tertama samsung dengan keunggulannya smartfren juga mmepunya
strategi promosi yang digunakan untuk meningkatkan laba produksinya dan tetap
menguasai penjualan produknya. Berikut ini contoh promosi penjualan yang
dilakukan smartfren :
1. Promosi
Diskon
Ini merupakan
salah satu strategi yang umum digunakan oleh perusahaan dalam menarik konsumen
sebanyak-banyaknya salah satunya dalah smartfren. Saat peluncuran produk baru
smartfren yang belum familiar di masyarakat, smartfren melakukan pendekatan ini
agar produknya bisa lebih dikenal masyarakat. Ketika masyarakat telah mengakui
keunggulan produk smartfren tersebut, maka promo diskon akan ditiadakan. Selain
sebagai ajang pengenalan, strategi ini juga digunakan manakala produk-produk
yang ditawarkan kurang laku di pasaran. Sehingga untuk mengurangi kerugian,
maka promo diskon (potongan harga) atau pun promo bonus merupakan pilihan yang terbaik.
Contohnya potongan harga di berikan pada setiap pembelian Anromax V yang
tadinya 2,5 juta menjadi Rp 1.990.000,- hal itu dilakukan oleh smartfren karena
mungkin di anggap Andromax V tidak begitu terkenal sehingga tidak banyak yang
minta karena tidak paham.
2.
Pemberian Hadiah - Undian
Untuk menarik konsumen agar penjualan
meningkat, banyak perusahaan yang memberikan ragam hadiah, seperti souvenir,
voucher, hingga nomer undiah untuk para konsumen sebagai bagian dari strategi
bisnisnya. Begitu juga smartfren biasanya memberikan sovenir kepada pelanggan
seperti topi, agenda, bolpoin dll.
3. Strategi
Freemium ke Premium
Siapa yang tidak
suka gratisan? Hampir sebagian besar orang senang dengan yang gratis-gratisan.
Sifat ini sering dijadikan pebisnis untuk meningkatkan omset penjualannya.
Mereka akan memberikan secara gratis (freemium) pada awalnya, kemudian memasang
harga pada tahap berikutnya (premium). Konsep 'Freemium to be Premium' ini
banyak diterapkan pada bisnis teknologi. Kita contohkan saja misalkan anda
membeli Andromax Tab 8.0, maka anda akan mendapatkan bonus internetan dengan
kuota sebesar 1 GB. Setiap bulan anda bisa terus mendapatkan bonus 1 GB ini
setelah melakukan pengisian pulsa minimal Rp 50.000. Masa berlaku quota ini
selama 15 hari. Selama 12 bulan atau setahun penuh anda bisa terus mendapatkan
bonus ini.
4. Strategi
Menggunakan Pihak Lain
Untuk lebih agresif mencapai target
penjualan, banyak perusahaan yang memakai bantuan pihak lain dalam membantu
memasarkan produknya. Hal ini tentu akan menambah biaya operasional, sehingga
margin keuntungan menjadi lebih kecil. Namun, jika volume penjualan lebih
banyak, maka profit yang didapat juga akan setara. Contoh strategi ini bisa
kita lihat dalam pemasaran Smartfren yang menggunaka SPG/SPB.
5. Stretegi
Berkorban (Loss to Get More)
Strategi penjualan ini tergolong unik
dan penuh resiko. Anda harus rela kehilangan uang terlebih dahulu sebelum
bisnis anda berkembang dan menghasilkan profit yang melimpah. Strategi ini
telah diterapkan oleh beberapa perusahaan, terutama para provider
telekomunikasi dunia, termasuk di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL,
Axis, 3, Smartfren, dan lain-lainnya. Para provider tersebut rela mengeluarkan
paket bundling handphone dan kartu dengan harga di bawah harga pasar. Jika ditambah
dengan biaya promosi, tentu hal tersebut tidak akan mendatangkan keuntungan,
bahkan bisa merugi. Tetapi ada hal lain yang diincar oleh para provider
tersebut yang akan menjadi sumber pendapatan yang lebih besar, yaitu
penghasilan dari layanan jasa telekomunikasi kepada konsumen, seperti profit
dari tarif telepon, sms, dan juga biaya berlangganan internet. Salah satu
perusahaan yang paling berani adalah Amazon. Perusahaan dari Amerika tersebut
pada tahun 2011 lalu meluncurkan tablet Kindle Fire dengan harga jual yang
sangat rendah, bahkan setiap gadget yang terjual, Amazon harus rela merugi 10
dollar. Namun, dengan semakin banyaknya produk buku-buku digital Amazon
yang terjual melalui tablet tersebut, maka biaya produksi tablet Kindle akan bisa
ditutupi, dan bahkan dalam tiga tahun ke depan Amazon akan meraup keuntungan
yang melimpah. Inilah strategi bisnis yang mengorbankan satu hal untuk
mengincar hal yang lain
Thnks, guna bangt.
BalasHapusthx mntap
BalasHapus