Pengertian
perencanaaan media periklanan
Perencanaan media periklanan merupakan suatu
kegiatan yang sangat penting dalam periklanan dan promosi. Bisa jadi kegiatan
iklan dan promosi menjadi kegiatan yang menjadi sekedar penghamburan dana namun
tidak memberikan hasil yang diharapkan. Sehingga perencanaan medianyang
dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga
pesan yang disampaikan akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dari
audience sasaran, untuk itu pemahaman mendasar mengenai konsep – konsep dasar
dalam perencanaan media periklanan menjadi sangat penting sebelum melakkan
kegiatan perecanaaan media periklanan.
Pengertian
konsep
Pengertian perencanaan media periklanan dapat
dijelaskan berdasarkan konsep – konsep dasaarnya sebagai berikut:
Perencanaan
Pengertian perencanaan secara sederhana adalah suatu
kegiatan yang dilakukan untuk masa mendatang yang lebih baik dengan
memperhatikan keadaan sekarang maupun keadaan sebelumnya. Perencanaan merupakan
keputusan mengenai tujuan/sasaran yang akan dicapai.
Media
Merupakan sarana/ alat dalam menyampaikan pesan –
pesan iklan dari komunikator kepada khayalak sasaran atau konsumen.
Periklanan.
Merupakan keseluruhan proses yang meliputi
penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyimpanan iklan.
Tujuan
periklanan
Pada dasarnya
tujuan akhir periklanan adalah untuk merangsang atau mendorong terjadinya
penjualan (sales). Untuk mencapai tujuan itu, ada bebrapa hal yang perlu
dilakukan. Secara umum tujuan periklanan adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan
pengenalan merek/ prosuk/ perusahaan
Melalui
periklanan khayalak akan mengetahui keberadaan merk, prosuk maupun perusahaan.
2. Memperomosikan
Melalui
periklanan perusahaan pasar dapat mempromosikan produknya dengan membedakan
diri dengan produk pesai g.
3. Mendorong
prospek untuk menoba
Dengan
menyampaikan pesan – pesan yang persuasive, khalayak didorong untuk mencoba
menggunakan produk atau merek yang ditawarkan.
4. Mendukung
terjadinya penjualan
Dengan
beriklan diharapka konsumen bertindak untuk membeli produk
5. Membina
loyalutas
Dengan
beriklan akan semakin memantapkan keberadaan pelanggan yang loyal. Artinya
perusahaan ingin menyampaikan bahwa merek dan produk yang pernah digunakan
konsumen masih tetap ada dipasar.
6. Menggumumkan
cara baru pemanfaatan
Inovasi
cara baru pemanfaatan dapat diketahui khalayak melalui iklan.
7. Mengingatkan
citra
Dengan
iklan akan meningkatkan citra produk, merk maupun perusahaan.
Fusngsi
dan peran periklanan
1. Sumber
informasi
Dengan iklan, dapat
membantu masyarakat untuk memilih
akternatif produk yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Artinya
iklan dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada yang lainnya, baik
tentang produknya, distribusi atau tempat pembeliannya atau informasi lain yang
mempunyai kegunaan bagi masyarakat.
2. Kegiatan
ekonomi
Periklanan mendorong pertumbuhan
perekonomian karena produsen didorong untuk tetap memproduksi dan
memperdagangkan produk untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang terus
berkembang.
3. Pembagi
beban biaya
Periklanan membantu terciptanya
skala ekonomi yang besar bagi setiap produk, sehingga menurunkan biaya produksi
dan distribusi per unit atas produk tersebut, dan pada akhirnya memurahkan
harga jualnya kepada masyarakat.
4. Sumber
dana media
Periklanan merupakan salah satu
sumber dana media yang menunjang media untuk tetap eksis. Munculnya banyak
media membuat persaingan semakin ketat.
5. Identitas
produsen
Melalui kegiatan periklanan,
masyarakat akan mengetahui produsen ada perusahaan yang dalam iklannya
menonjolkan perusahaan.
6. Sarana
kontrol
Melalui kegiatan periklanan,
masyarakat dapat membedakan produk – produk sah dengan tiruan.
BEDAH
KASUS
Contoh
Perencanaan Periklanan Produk “Diet Dr Pepper”
Kampanye
Diet Dr Pepper
Suatu kampanye periklanan untuk
Diet Dr Pepper yang dikembangkan oleh agen periklanan Young dan Rubicam
memberikan publikasi penjadwalan media yang patut dicontoh dan proses
periklanan yang kreatif menyangkut penyusunan jadwal. Kampanye ini menerima
Gold Effie Award dari komunitas periklnan sebagai penghargaan atas prestasinya.
SITUASI PEMASARAN DAN
TUJUAN KAMPANYE
Diet
Dr Pepper bersaing dalam kategori yang dinamis dan berubah secara konstan yang
menjadikannya sulit untuk meningkatkan pangsa pasar serta mempertahankan
pertumbuhan merek jangka panjang. Faktor-faktor penting yang menghambat
pertubuhan merek meliputi hal-hal berikut:
a.
Pertumbuhan kategori yang lamban.
Kategori minuman diet ringan berkarbonasi hanya meningkat pada tingkat tahunan
rata-rata sebesar 1,4 persen.
b.
Pertumbuhan minuman abad baru. Segmen
abad baru, yang terdiri dari jus yang berkilau, soda alami, soda yang diberi
rasa, dan lain-lain semakin meningkat dengan cepat (10% per tahun), yang
merupakan tantangan yang kuat bagi Diet Dr Pepper dan minuman diet ringan yang
lainnya.
c.
Sensitivitas harga dari kategori minuman ringan. Harga
merupakan determinan pemilihan merek
utama dalam kategori ini, tetapi Diet Dr Pepper berada dalam posisi kompetitif
yang lemah karena mengenakan harga yang lebih tinggi atas dasar sen-per-ons
dari pada coca cola dan pepsi cola.
d.
Kurangnya perhatian bottler dan fokus.
Sekitar tiga per empat volume Diet Dr
Pepper didistribusikan melalui jaringan distribusi bottler coke dan pepsi, yang sering kali
menyebabkan Diet Dr Pepper menjadi barang
prioritas rendah karena kurangnya dukungan pengencer.
e.
Distribusi yang tidak memadai.
Dibandingkan dengan pesaingnya yang lebih besar, distribusi Diet Dr Pepper ke
outlet-outlet percobaan seperti jasa kran air minum/ makanan dan mesin penjual
tidak memadai.
f.
Pengeluaran yang lebih besar dari pada
pesaing utama. Share of voice (SOV) Diet
Dr Pepper pada awal kampanye periklanan hanya 4,8 % dalam kategori yang sangat
kompetitif dari periklanan yang sensitif ini.
SASARAN KAMPANYE DAN
TUJUAN NYA
Audiens
sasaran Diet Dr Pepper khususnya terdiri dari orang dewasa berusia 18-49 tahun
yang merupakan konsumen atau calon konsumen minuman ringan diet. Dengan melihat
tantangan pemasaran diatas, tujuan kampanye iklan Diet Dr Pepper (yang berjudul
“The Taste You’ve Been Looking For”) adalah sebagai berikut:
1)
Untuk meningkatkan penjualan Diet Dr
Pepper sebesar 4 % dan meningkatkan tingkat pertumbuhan sekurang-kurangnya 1,5 kali dari kategori
minuman diet ringan.
2)
Untuk mempertajam evaluasi konsumen atas
manfaat produk utama dan faktor-faktor citra yang mempengaruhi pilihan merek
dalam kategori ini. Minuman ini menyegarkan, rasanya sama enaknya dengan Dr
Pepper yang biasa, merupakan produk yang baik untuk diminum setiap saat, dan
merupakan merek yang menyenangkan untuk diminum.
3)
Untuk memperkuat dimensi kepribadian
merek utama yang membedakan Diet Dr Pepper dari minuman diet lainnya, bahwa
Diet Dr Pepper merupakan merek yang unik, pandai, lucu/ menyenagkan,menghibur,
dan penting untuk diminum.
STRATEGI KREATIF DAN
PROMOSI PENDUKUNG
Strategi untuk Diet Dr Pepper
adalah dengan menyatakan bahwa merek ini memiliki ”rasa yang lebih mirip dengan Dr Pepper
biasa”. Hal ini didasarkan pada hasil riset yang mengungkapkan bahwa hampir 60
% dari pemakaian percobaan awal Diet Dr Pepper termotivasi oleh keinginan untuk
minum minuman diet ringan yang rasanya seperti Dr. Pepper biasa. Kempanye ini
didukung oleh penanyangan iklan 15 detik secara intensif, yang secara historis
tidak digunakan oleh coca cola dan pepsi cola, yang lebih menyukai nilai
hiburan dari iklan-iklan yang lebih lama. Penanyangan iklan 15 detik yang
agresif tersebut memungkinkan Diet Dr
Pepper untuk menyalurkan klaim rasa
kuncinya (”rasanya lebih mirip dengan Dr Pepper biasa”) dan membedakan merek
ini dari minuman diet pesaing. Lebih jauh, dengan menggunakan iklan 15 detik yang lebih murah, perusahaan
dapat membeli lebih banyak tempat iklan
dan karenanya tercapai jangkauan, frekuensi dan GRPs yang lebih besar dengan
anggaran iklan yang sama. Biaya iklan Diet Dr Pepper berjumlah $20,27 juta.
Selain kampanye iklan, para pemasar
Diet Dr Pepper juga melaksanakan beberapa program promosi penjualan untuk
mencapai tujuan mulia mereka. Dari bulan Januari sampai April, dilaksanakan
suatu promosi penjualan bernama ”the Power Advantage” yang memberikan kepada
para bottler sertifikat hadiah senilai $30 (untuk digunakan pada pengencer
pakaian Eddie Bauer) yang dapat mereka
distribusikan kepada para pengencer agar menyediakan ruang display yang lebih
besar untuk Diet Dr Pepper. Selai itu,
kupon-kupon yang menarik juga ditempelkan pada botol-botol Diet Dr Pepper si
2-3 liter untuk mendorong pembelian ulang
oleh para konsumen.
Dari bulan April sampai September,
yaitu selama musim pertandingan baseball, promosi “Pepper Pastime” telah
dijalankan untuk menigkatkan penjualan Diet Dr Pepper kepada para konsumen di
toko-toko makanan. Promosi itu meliputi pemberian botol Diet Dr Pepper secara
gratis dan premium object, termasuk bola baseball yang diberi tanda tangan
serta kaos baseball yang dihiasi nama
merek Diet Dr Pepper. Selama bulan mei
sampai Agustus, promosi tie-in dengan mata rantai toko-toko atletik Foot Locker
telah dilakukan. Mereka yang membeli 12 dan 24 pak Diet Dr Pepper akan
memperoleh sertifikat hadiah Foot Locker bila kemasannya berisikan kartu
permainan yang menang. Secara kolektif, program promosi penjualan ini dirancang
untuk mendukung kempanye iklan dan mendorong penjualan produk-produk Diet Dr Pepper lebih banyak lagi.
STRATEGI MEDIA
Jadwal iklan untuk Diet Dr Pepper
menghasilakan total 1.858 GRPs, dengan jangkauan tahunan kumulatif sebesar 95
dan frekuensi 19,6. nilai-nilai bobot media ini disesuaikan dengan rencana
media nasional yang diringkas sebagai bagian arus .
Rencana media Diet Dr. Pepper terdiri dari:
memasang iklan selama
pertandingan football professional dan perguruan tinggi (SEC merupakan
singkatan dari South Eastern Conference), mensponsori berbagai peristiwa khusus
secara kontinu memasang iklan TV selama waktu tayang utama pada tengah malam,
pada program sindikat, dan pada stasiun stasiun kabel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar