Senin, 30 Desember 2013

KOMUNIKASI PEMASARAN KEPADA KONSUMEN “Strategi Komunikasi Pemasaran Trans Studio Bandung Dalam Menumbuhkan Minat Konsumen Untuk Berkunjung”




BAB 1
PENDAHULUAN
       I.            LATAR BELAKANG
Komunikasi merupakan alat unik yang digunakan para pemasar untuk membujuk para konsumen agar bertindak menurut cara yang diinginkan. Komunikasi terdiri dari beberapa aspek diantaranya, dapat berbentuk verbal (baik tertulis maupun lisan), visual (ilustrasi, gambar, demontrasi produk, mimic muka) atau kombinasi keduanya. Komunikasi juga dapat merupakan simbol (harga yang tinggi, pengemasan yang bermutu tinggi, logo yang mengesankan) dan menyampaikan arti khusus yang ingin ditanamkan oleh pemasar.
Proses komunikasi, terdapat suatu pandangan baru yang memandang komunikasi sebagai dialog interaktif antara perusahaan dan pelanggannya yang berlangsung selama tahap prapenjualan, penjuala, konsumsi dan pascakonsumsi. Perusahaan harus menanyakan tidak hanya “Bagaimana kita dapa mencapai pelanggan?” melainkan juga “Bagaimana pelanggan bisa mencapai kita?”.
Mengidentifikasi audiens sasaran, merupakan suatu  proses identifikasi harus dimulai dengan pikiran yang jelas tentang audiens sasaran. Audiens tersebut dapat diartikan sebagai calon pembeli produk perusahaan, pemakai saat ini, penentu keputusan, atau pihak yang mempengaruhi keputusan. Menentukan komunikasi pemasaran,setelah pasar sasaran dan persepsinya didentifikasi, komunikator pemasaran harus memutuskan tanggapan yang diharapkan dari audiens. Pemasar  mungkin menginginkan tanggapan kognitif (cognitif), pengaruh (affective), atau perilaku (behaviour). Artinya, pemasar mungkin ingin memasukan sesuatu ke dalam pikiran konsumen, mengubah sikap konsumen, atau mendorong konsumen untuk bertindak. Merancang pesan menentukan tanggapan yang diinginkan dari audiens, komunikator selanjutnya mengembangkanpesan yang efektif.
    II.            TUJUAN
Makalah ini dibuat tidak hanya sekedar untuk memenuhi tugas UTS di smester 7 tetapi juga sebagai bahan pembelajaran matakuliah komunikasi pemasaran dengan konsumen disini kita bisa mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik kepada konsumen yang kita ketahui beragam karakter yang mereka miliki. Untuk itu kita harus benar-benar cermat dalam berkomunikasi dengan konsumen baik secara langsung maupun dengan media promosi agar konsumen tidak bingung. Didalam makalh ini juga akan dijelaskan proses berkomunikasi dan media yang tepat untuk berkomunikasi kepada konsumen pada saat penawarkan produk/jasa kita.
 III.            PERMASALAHAN
Bagaimana memilih komunikasi pemasaran kepada konsumen yang tepat?


















BAB 2
LANDASAN TEORI
A.    KOMPONEN KOMUNIKASI
Terdapat lima unsur dasar dalam komunikasi, yaitu pengirim, penerima, medium, pesan, dan beberapa bentuk umpan balik (tanggapan penerima pesan).
a.      Pengirim
Pengirim sebagai pemrakarsa komunikasi, dapat merupakan sumber formal maupun informal. Sumber komunikasi formal mungkin berupa organisasi untuk memperoleh laba (komersial) maupun nirlaba. Sumber informal mungkin orang tua, atau teman yang memberikan informasi atau nasihat mengenai produk.
b.      Penerima
Penerima komunikasi pemasaran formal cenderung menjadi calon atau pelanggan yang dibidik (yaitu anggota audien yang dibidik oleh pemasar). Audien perantara dan yang tidak diharapkan juga mungkin menerima komunikasi para pemasar. Contoh, audien perantara adalah grosir, distributor, dan pedagang ritel, yang menerima iklan perdagangan pemasar yang dimaksudkan untuk membujuk mereka agar mau memesan dan mengadakan persediaan berang dagangan. Audien yang tidak diharapkan yaitu setiap orang yang terbuka terhadap pesan yang tidak ditargetkan khusus oleh pengirim.
c.       Medium
Medium atau saluran komunikasi mungkin impersonal (misalnya, media massa) atau interpersonal (pembicaraan resmi antara tenaga penjual dan pelanggan atau pembicaraan informal antara dua orang atau lebih yang terjadi secara langsung baik melalui telepon, surat maupun online).
d.      Pesan
Pesan dapat bersifat verbal (lisan atau tertulis), nonverbal (foto, ilustrasi, atau symbol), atau kombinasi keduanya. Pesan verbal biasanya dapat mencakup informasi produk atau jasa yang lebih spesifik daripada pesan nonverbal. Pesan verbal yang digabungkan dengan pesan nonverbal sering memberikan lebih banyak informasi kepada penerima daripada salah satu diantara keduanya.
e.       Umpan Balik

Umpan balik merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam komunikasi interpersonal dan impersonal. Umpan balik yang cepat waktunya memungkinkan pengirim untuk memperkuat, mengubah, atau memodifikasi pesan untuk menjamin agar dapat dimengerti sesuai dengan yang dimaksudkan.

B.     PROSES KOMUNIKASI

a.      Pemrakarsa Pesan (Sumber)

Sponsor atau pemrakarsa pesan harus memutuskan kepada siapa pesan harus dikirim dan apa yang harus disampaikannya, dan kemudian merumuskan pesan sedemikian rupa sehingga artinya ditafsirkan oleh audien yang dibidik persis seperti yang dimaksudkan. Sumber komunikasi impersonal biasanya adalah organisasi yang mengolah dan mengirimkan pesan yang tepat melalui departemen khusus atau juru bicara. Publisitas biasanya merupakan hasil usaha hubungan masyarakat dan cenderung dapat lebih dipercayai karena sumber atau maksud komersialnya tidak mudah diketahui.
b.      Kredibilitas

Kredibilitas sumber mempengaruhi perumusan pesan. Kredibilitas sumber yang merupakan unsur penting dalam daya persuasif pesan sering didasarkan pada maksud yang diharapkan.
c.       Kredibilitas Sumber Informal

Sumber informal atau sumber-sumber editorial dianggap dianggap sangat obyektif dan sangat kredibel. Kredibilitas yang meningkat yang diberikan oleh sumber informal tidak dapat dijamin sepenuhnya, walaupun ada aura obyektivitas yang dirasakan.
d.      Kredibilitas Sumber Formal

Sumber-sumber formal yang dirasa netral mempunyai kredibilitas yang lebih besar daripada sumber-sumber komersial karena persepsi bahwa mereka lebih obyektif dalam menilai produk. Kredilitas sumber komersial lebih problematic dan biasanya didasarkan pada penilaian gabungan atau reputasi, keahlian, pengetahuan, saluran ritel, dan jurubicara perusahaan.
e.       Kredibilitas Jurubicara dan Pendukung

Para konsumen kadang-kadang melihat jurubicara yang menyampaikan pesan produk sebagai sumber atau pemrakarsa pesan. Para peneliti telah mempelajari hubungan antara pengertian konsumen mengenai pesan dan bujukan, dan telah menemukan bahwa jika pengertian rendah, para penerima tergantung pada kredibilitas jurubicara dalam membentuk sikap terhadap produk, tetapi jika pengertian dan pengolahan informasi sistematis tinggi, keahlian sumber jauh lebih kecil pengaruhnya terhadap sikap penerima.
f.       Kredilitas Pesan

Pengalaman sebelumnya yang diperoleh konsumen atas produk atau pedagang ritel tertentu berpengaruh besar terhadap kredibilitas pesan. Harapan terhadap produk yang terpenuhi cenderung meningkatkan kredibilitas pesan pada masa mendatang, sebaliknya produk yang mengecewakan cenderung mengurangi kredibilitas pesan pada waktu berikutnya.
g.      Pengaruh Waktu Terhadap Kredibilitas Sumber

Pengaruh persuasive dari sumber-sumber yang berkredibilitas tinggi tidak selalu bertahan lama, walaupun lebih berpengaruh daripada sumber yang berkredibilitas rendah. Riset menunjukkan bahwa baik pengaruh kredibilitas yang positif maupun negatif cenderung lenyap setelah sekitar 6 minggu. Gejala seperti ini disebut efek penidur (sleeper effect).


C.    AUDIEN (PENERIMA PESAN) YANG DIBIDIK

Para penerima pesan menafsirkan pesan yang mereka terima berdasarkan pengalaman dan karakteristik pribadi.
a.      Pengertian

Tingkat ketepatan arti yang diperoleh dari pesan merupakan fungsi dari karakteristik pesan, kesempatan dan kemampuan penerima untuk mengolah pesan itu, dan motivasi penerima. Karakteristik pribadi seseorang mempengaruhi ketepatan dalam menafsirkan pesan.
b.      Suasana Hati (Mood)

Suasana hati atau pengaruh perasaan memainkan peranan penting terhadap cara pesan yang diterima. Suasana hati konsumen mempengaruhi cara bagaimana sebuah iklan diterima, diingat, dan ditindaklanjuti.

D.    HAMBATAN KOMUNIKASI
Berbagai hambatan terhadap komunikasi dapat mempengaruhi ketepatan interpretasi pesan oleh konsumen. Hambatan ini meliputi:
  • Persepsi selektif, para konsumen cenderung mengabaikan iklan-iklan yang tidak mengandung kepentingan khusus atau tidak berkaitan dengan mereka.
  • Kegaduhan psikologis, misalnya pesan-pesan iklan yang bersaing, dapat mengganggu penerimaan suatu pesan.
E.     UMPAN BALIK (TANGGAPAN PENERIMA PESAN)

Pengirim pesan penting untuk memperoleh umpan balik sesegera dan seakurat mungkin, karena melalui umpan balik pengirim dapat menentukan apakah dan seberapa baik pesan telah diterima.

Riset Keefektifan Iklan

Para pemasang iklan sering berusaha mengukur keefektifan pesan dengan menyelenggarakan riset audien untuk mengetahui media apa yang dibaca, program-program televisi apa yang ditonton dan iklan-iklan apa yang diingat. Riset keefektifan iklan, yang disebut copy testing, dapat dilakukan sebelum iklan benar-benar dimuat (pretesting) atau setelah terbit (posttesting).

F.     MERANCANG KOMUNIKASI YANG PERSUASIF
Untuk menciptakan komunikasi yang persuasif, sponsor (individu maupun organisasi) lebih dahulu menentukan tujuan komunikasi, kemudian memilih audien yang tepat untuk pesan yang disampaikan dan media untuk mencapai mereka serta menyusun (encode) pesan dengan cara yang tepat untuk setiap medium dan setiap audien.
a.      Strategi Komunikasi

Dalam menyusun strategi komunikasi terlebih dahulu harus menentukan tujuan komunikasi yang utama. Komponen strategi komunikasi yang penting adalah memilih audien yang tepat.
b.      Strategi Media

Strategi media merupakan unsur penting dalam rencana komunikasi. Rencana ini diperlukan untuk penempatan iklan dalam berbagai media khusus yang dibaca, ditonton, atau didengar oleh berbagai pasar yang dipilih untuk dibidik. Pemilihan media tergantung pada produk, audien, dan tujuan kampanye iklan, strategi media dapat dilakukan melalui:
  • World Wide Web (melalui internet)
  • Penentuan target yang seksama
  • Pemasaran langsung
c.       Strategi Pesan

Pesan merupakan pemikiran, gagasan, sikap, citra, atau informasi lain yang ingin disampaikan pengirim kepada audien yang diharapkan.
d.      Komponen dalam strategi pesan meliputi:
  • Retorika dan Persuasi Iklan, fokus utama riset retorika adalah menemukan cara yang paling efektif untuk menyatakan pesan dalam situasi tertentu. Penyampaian retorik paling efektif terhadap para konsumen yang tidak mempunyai motivasi. Resonansi iklan didefinisikan sebagai permainan kata yang dikombinasikan dengan gambar yang ada kaitannya.
  • Teori Keterlibatan, bahwa dalam situasi pembalian dengan keterlibatan yang tinggi orang mungkin lebih mencurahkan usaha kognitif yang aktif untuk menilai hal-hal yang disetujui maupun tidak atas produk tertentu. Dalam situasi keterlibatan yang rendah seseorang lebih cenderung memfokuskan pada isyarat-isyarat pesan yang bukan pokok.
  • Penyajian Pesan, diantara berbagai keputusan yang harus diambil oleh para pemasar dalam merancang pesan adalah keputusan apakah akan menggunakan susunan pesan yang positif-negatif, pesan satu-sisi atau dua-sisi, iklan perbandingan, pengaruh urutan, atau pengulangan. Cara pesan yang disajikan mempengaruhi dampaknya. Sebagai contoh, pesan satu-sisi lebih efektif pada beberapa situasi dan audien, pesan dua-sisi lebih efektif pada situasi lain. Produk dengan keterlibatan yang tinggi (produk yang sangat berkaitan dengan segmen konsumen) paling baik diiklankan dengan cara yang pokok melalui persuasi, yang mendorong usaha kognitif aktif. Produk dengan keterlibatan yang rendah paling baik dipromosikan melalui berbagai isyarat tidak pokok, seperti latar belakang pemandangan, music, atau jurubicara selebritis.
G.    DAYA TARIK IKLAN
Daya tarik emosi yang sering digunakan dalam iklan meliputi rasa takut, humor, dan daya tarik seksual. Jika tema seksual berkaitan dengan produk, maka hal ini dapat menjadi sangat efektif dan jika digunakan hanya sebagai penarik perhatian, ingatan pada merk jarang tercapai. Partisipasi audien merupakan strategi komunikasi yang sangat efektif karena mendorong internalisasi pesan iklan. Riset lebih lanjut diperlukan untuk mengenali berbagai variabel produk, audien dan situasi yang menjadi perantara pengaruh urutan dan penyajian pesan dalam membujuk para konsumen untuk membeli.










BAB 3
PERMASALAHAN
TRANS STUDIO BANDUNG THEME PARK

Kebutuhan manusia pada dasar ada dua kebutuhan skunder dan kebutuhan primer dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus bekerja keras dan berusaha. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus di penuhi seperti makanana atau sembako, pakaian, tempat tinggal dan sebagainya oleh karena itu sifatnya wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan selanjutnya adalah kebutuhan skunder yaitu kebutuhan lanjutan yang semua kebutuhan primer terpenuhi yaitu misalnya pendidikan yang baik.
Kebutuhan terkhir adalah kebutuhn tersier yang sifatnya mewah tidak sederhana yang mana kebutuhan ini timbul setelah kebutuhan primer dan skunder terpenuhi misalnya yaitu jalan – jalan. Biasanya manusia setelah bekerja keras untuk menghilangkan kejenuhan yaitu dengan jalan – jalan, maka dari itu tidak sedikit sekarang di negara kita banyak yang berbisnis dibidang pariwisata, banyak wahana – wahana atau tempat rekreasi yang unik dan berbeda – beda untuk menarik minat pengunjung. Misalnya yang akan kita bahas sekarang yaitu tempat hiburan yang sangat perlu untk mencuba dikunjungi yaitu Trans Studio Bandung.
Baru – baru ini Indonesia telah di dirikan wahana bermain keluarga indor terbesar di dunia yaitu Trans Studi bandung yang baru dibuka pada tanggal 18 Juni 2011. Sesuai dengan namanya Trans Studio merupakan wahana yang didirikan oleh Trans Corporation yang dikenal oleh masyarakat dengan media televisinya yang terdiri dari Trans TV dan Trans 7. Selain itu juga terlebih dahulu Trans Crop mendirikan taman bermain indor yang berlokasi di Makasar baru mendirikannya di Bandung.
Trans Studio Bandung adalah Indoor Theme Park terbesar ke dua di Indonesia setelah Makassar. Trans Studio Bandung lebih spektakuler dan lebih dahsyat dari Trans Studio yang ada di Makassar sehingga menjadikan Trans Studio Bandung tidak hanya terbesar di Indonesia tapi juga terbesar di dunia.
Trans Studio Bandung Theme Park
            Trans Studio Bandung memiliki tempat yang sangat luas sekitar 4,4 hektar, dengan berbagai jenis permainan, di tempat ini kita bisa menjumpai 20 permainan yang sangat spektakuler dan menguji ardenalin kita, temapat liburan Trans Studio Bandung merupakan tempat yang Indoor, dengan keadaan seperti ini, tidak terpengaruh dengan keadaan cuaca yang hujan atau panas karena tempat ini Indoor, serta yang lebih spekatkuler tersedinya tempat launch coaster (berkereta) yang dimana wahana ini hanya terdapat di Amerika dan bandung.Menyajikan 20 wahana permainan dan bermacam – macam bentuk hiburan yang terdapat dalam 3 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Para pengunjung dapat merasakan bagaimana menjadi seorang bintang di depan kamera  serta menjadi orang – orang di belakang layar  dari tayangan – tayangan favorit di Trans TV dan Trtans 7.

Trans Studio Bandung menyajikan Berbagai permainan seperti:
Ø  4D MARVEL SUPERHEROES  (Simulation Hulk , spiderman , fantastic 4 ,dll)
Ø  VERTIGO (Kincir putar di ketinggian 45 meter)
Ø  PIRATES SHIP (Kapal udara yang mengelilingi are tersebut 7 hektar)
Ø  SOFT PLAY (TERBESAR DI ASIA) (Tempat bermain anak balita dengan keamanan dan kenyamanan luar biasadengan luas sekitar 200m2)
Ø  NEGERI RAKSASA (Bila masuk ke sini Anda akan serasa menjadi LILIPUT)
Ø  JACL AND THE BEAN (Seakan Anda naik ke negeri raksasa dan dijatuhkan dari 13 METER TERJUN BEBAS)
Ø  DRAGON RIDER (Sensasi naik naga terbang)
Ø  STUDIO TRANS TV (Anda akan belajar menjadi produser di dunia media)
Ø  SHOW PERFORMANCE (studio central dan amphitheatre pertunjukan musik skala internasional)
Ø  LOST CITY (Sensasi berpetualang ala indiana jones dan melewati 2 buah air terjun)
Ø  YAMAHA RACE COASTER (Roller coaster TOP 3 ekstrim di DUNIA dengan kecepatan lebih dari 130 km/jam dengan ketinggian lebih dari 45 meter)
Ø  GIANT SWING (Pendulum raksasa diayun diatas ketinggian 35cm)
Ø  TRANS CAR (Racing car yang tracknya seluas 7 hektar !!!)
Ø  DUNIA LAIN (Rumah hantu dengan hantu urband legend di Bandung seperti AMBULAN BAHUREKSA dan NONE BELANDA SMA 5)
Ø  DUNLOP TRANS CAR RACING (Racing car yang tracknya seluas tsb-7hektar. Wahana trans studio bandung memang luas.



Harga tiket masuk Trans Studio Bandung adalah:
  • Senin s/d Jumat : Rp. 150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah )
  • Sabtu - Minggu / Hari Libur : Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah )
Tambahan Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah ) untuk VIP Acces, untuk Jalur Antrian Cepat dengan Pintu Khusus.
Berlaku untuk seluruh wahana dan atraksi sepuasnya atau dapat berkali-kali.
Tiket masuk Trans Studio menggunakan kartu Mega Cash, harga kartu adalah Rp. 10.000,-. Kartu Mega Cash dapat digunakan untuk melakukan transaksi di semua outlet di dalam Trans Studio Theme Park.

PETA TRANS STUDIO BANDUNG

Gmb.1 Peta Trans Studio Bandung
Studio Central
  • Yamaha Racing Coaster
  • Super Heroes 4D The Rides
  • Broadcast Museum
  • Dunlop Trans Car Racing
  • Indosat Galaxy Vertigo
  • Trans City Theatre
  • Giant Swing
  • Sibolang The Rides
  • Science Center
  • Dunia Anak
The Lost City
  • Jelajah
  • Kong Climb
  • Sky Pirates
  • Amphitheater

Magic Corner
  • Negeri Raksasa
  • Black Heart's Pirate Ship
  • Dragon Raiders
  • Pulau Liliput
  • Dunia Lain
  • Special Effect Action Show
Cafe and Resto
  • The Coffee Bean & Tea Leaf
  • Baskin Robbins
  • Corvette Diner
  • Studio Kuring
  • Studio Mie
  • Studio Steak

Trans Studio Store
  • 2 Store di Studio Central (Merchandise & Candy)
  • 1 Store di Lost City (Merchandise)
  • 1 Store di Magic Corner (Merchandise)
Pertunjukkan Utama (Main Show)
  • Kabayan Goes to Hollywood
  • Legenda Putra Mahkota
  • Special Effect Action Show
  • Petualangan si Bolang & ZooCrew
  • The New Parade and Laser Show
Dengan mempunyai luas yang mencapai 7 hektar lebih dan banyak wahana yang disediakan disana Trans Studio Bandung harus mempunyai strategi dan cara berkomunikasi kepada konsumen untuk memperkenalkannya. Agar terjalin komunikasi pemasaran kepada konsumen yang baik dan masyarakat luas bisa menerimanya dan bisa menarik minat paengunjung Trans crop mempunyai berbagai cara untuk  mempromosikan Trans Studio Bandung. Pada bab selanjutnya akan di bahas tetang bagaiman cara para tim Trans Crop dalam komunikasi pemasarannya pada konsumen untuk memasarkan Trans Studio Bandung.










BAB 4
PEMBAHASAN
Strategi Komunikasin Pemasaran Trans Studio Bandung Dalam Menumbuhkan Minat Konsumen Untuk Berkunjung

TRANS STUDIO BANDUNG menyajikan 20 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 3 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Para pengunjung dapat merasakan bagaimana menjadi seorang bintang di depan kamera serta menjadi orang – orang di belakang layar dari tayangan – tayangan favorit TRANS TV dan TRANS 7,seperti Dunia Lain, Jelajah. Si Bolang, dan masih banyak wahana menarik lainnya.
            Dalam upaya memperkenalkan Trans Studio Bandung, Trans Crop memanfaatkan TransTv dan Trans7 sebagai media pemasaranya. Media televisi menjadi pilihan yang sangat bagus untuk memperkenalkan suatu produk dan jasa. Hal ini dikarenakan media televisi terdapat dua unsur yang dapat memudahkan konsumen menerima informasi lengkap tentang produk yaitu audio (suara) dan visual (gambar). Dengan adanya audio dan visual makan konsumen akan dapat dengan mudah menerima informasi secara lengkap dan santai. Hal ini lebih unggul dibandingkan media cetak yang dapat menampilkan visual dan radio yang hanya dapat menyampaikan audio.
            Kegiatan memperkenalkan suatu produk dan jasa pada media televisi disebut juga dengan iklan. Kegiatan komunikasi pemasaran dengan media televisi pun tidak terbatas dengan iklan saja, saat ini telah berkembang pada konten acara yang ditayangkan. Dimana iklan produk dan jasa tersebut disisipkan di dalam program acara yang ada di dalam stasuin televisi, dengan cara mengajak atau membujuk konsumen untuk membeli produk serta pelayanan jasa yang sedang di iklankan.
            Program acara yang di pilih adalah program acaa yang mempunyai rating sangat tingg, karena dengan semakin tinggi rating acara tersebut maka semakin banyak penonton yang melihatnya. Sehingga peluang dikenalnya suatu produk/jasa tersebut sangat tinggi, oleh karena itu Trans Studio Bandung menggunakannya untuk berkomunikasi dengan konsumen dengan lebih mudah karena memiliki dua stasuin televisi yaitu TransTV dan Trans7.
            Dalam setiap program acara yang ditayangkan oelh TransTV dan Trans7 yang memiliki rating tinggi dan di ambil lokasinya di Trans Studio Bandung ditambah artis – artis Trans Crop yang mengunjungi wahana tersebut dapat menambah daya tarik masyarakat untuk mengunjungi Trans Studio Bandung.
            Berdasarkan komunikasi pemasaran, iklan digunakan  sebagai media promosi, dimana semakin banyak  iklan yang ditayangkan makan pesan yang disampaikan kepada konsumen semakin jelas informasinya dan mudah di ingat konsumen. Dengan demikian berbagai kegiatan dilaksanakan dilokasi Trans Studio Bandung, seharusnya dapat menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung dan mencoba wahana yang ada didalamnya.

Berikut Ini Adalah Gambaran Wahana Bermain Di Trans Studio Bandung

Gmb2. Yamaha Racing Coaster Trans Studio Bandung


Gmb3. Wahana Trans Studio Bandung Giant Swing


Gmb4. Wahana Trans Studio Bandung Vertigo



Gmb5. Trans Studio Bandung1

Gmb6. Trans Studio Bandung2


Gmb7. Trans Studio Bandung3

Gmb8. Trans Studio Bandung4

Gmb9. Trans Studio Bandung5

Gmb10. Trans Studio Bandung6

Gmb11. Trans Studio Bandung7

Gmb12. Trans Studio Bandung8


BAB 5
PENUTUP
KESIMPULAN
1.      Perencanaan strategi komunikasi pemasaran Trans Studio Bandung dalam memudahkan minat konsumen untuk berkunjung dilatar belakangi oleh baru berdirinya wahana bermain tersebut yang memiliki dua sarana media yang sangat besar yaitu TransTv dan Trans7, sehingga dapat menekan biaya promosi dengan cara memanfaatkan sarana yang dimiliki Trans Crop.
2.      Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran Trans Studio Bandung dalam memudahkan minat konsumen untuk berkunjung agar sesuai dengan konsep yang sudah  direncanakan dimulai dari pemanfaatan saran dan prasana yang telah dimiliki Trans Crop. Trans Studio Bandung memanfaatkan sarana tersebut sangat baik dengan cara memanfaatkan acara televisi yang mempunyai rating sangat tinggi untuk syuting di dalam wahana bermain di Trans Studio agar dapat dilihat oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan di Dunia dan tertarik untuk berkunjung ke Trans Studio Bandung.
SARAN
 Begitu instimewanya wahana tempat bermain di Trans Studio Bandung diharapkan tetap menjaga komunikasi yang baik kepada masyarakat agar masyarakat semakin menunjukan minat untuk berkunjung di Trans Studio Bandung.













DAFTAR PUSTAKA

(Tahun 2012)
(6 desember 2012)

(juni 2011)
http://id.wikipedia.org/wiki/Trans_Studio_Bandung  Halaman ini terakhir diubah pada 05.54, (16 September 2013)
(Senin, 09 November 2009)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar