Senin, 28 Oktober 2013

Eleman Komunikasi Pemasaran



Eleman komunikasi pemasaran salah satu proses penting dalam memasarkan produk di pasar. Aspek ini kelihatan sederhana karena sudah lazim dikenal oleh kebanyakan orang dan sering kali dijumpai dikehidupan sehari – hari dalam berbagai bentuk dari barang cetak sampai penggunaan media massa seperti televisi. Disamping kita harus mempunyai pengetahuan yang lengkap mengenai hal tersebut  tetapi hal itu pelu jugadidukung oleh keterampilan yang tinggi untuk dapat menciptakan satu produk komunikasi yang sunggu dapat menjadi alat komunikasi yang diterima oleh konsumen.
Ada empat elemen dasar dalam komunikasi pemasaran yaitu Advertising, Public Relations, Sales Promotion, dan Personal Selling.
A.    Advertising

Advertising atau iklan adalah segala bentuk penyampaian pesan secara komersil. Ada beberapa bentuk dari iklan yaitu:

B.     Ambient advertising

Pesan – pesan yang dipasang dalam bentuk – bentuk tertentu dalam lingkungan kehidupan masyarakat.
Contoh: pesan iklan dalam tiket bis, nota pembayaran, dsb.
ü  Press advertising Pesan iklan yang tampil pada media cetak.
ü  TV advertising Pesan iklan yang tampil pada sela – sela jeda program siaran televisi.
ü  Radio advertising Pesan iklan yang tampil pada sela – sela jeda program siaran radio.
ü  Outdoor advertising Pesan iklan di ruang terbuka seperti billboard, halte bis, dsb.
ü  Transport advertising (inside and outside) Pesan iklan pada alat dan sarana transportasi umum baik di dalam ruang maupun diluar transportasi umum.
Contoh: iklan pada badan bis dan iklan di dalam ruang bis.

C.     Public Relations

Public relations atau yang dikenal dengan istilah hubungan masyarakat (humas) adalah bentuk usaha atau aktivitas yang berkelanjutan dan terencana dengan tujuan untuk membangun dan mempertahankan niat baik dan pemahaman yang saling menguntungkan antara pihak perusahan dengan masyarakat.
Fungsi kehumasan digunakan melalui press release yaitu pembeberan cerita atau informasi yang berkaitan dengan aktivitas, prestasi, dan hal – hal lain dari perusahaan. Aktivitas ini bermanfaat di dalam membangun, mengembangkan, dan mempertahankan corporate identity (identitas perusahaan).

D.    Sales Promotion

Sales promotion atau promosi penjualan adalah segala macam aktivitas yang didesain untuk meningkatkan penjualan jangka pendek melalui program – program promosi penjualan seperti pemberian diskon, sampel produk, dsb.
Aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan suatu event atau pameran (exhibition) ataupun melalui penawaran telepon (telemarketing dan sales call) dengan sumber data dari database (database marketing).

E.     Personal Selling (Direct Marketing)

Personal selling atau penjualan personal dan penjualan langsung adalah aktivitas penjualan produk dengan cara tatap muka, melalui telemarketing, ataupun internet kepada target konsumen spesifik atau
tertentu.
 
 

TUJUAN PROMOSI PENJUALAN
  • mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
  • mengkomunikasikan produk baru
  • meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal luas
  • menginformasikan kepada konsumen mengenai peningkatan kualitas produk
  • mengajak konsumen untuk mendatangi toko tempat penjualan produk
  • memotivasi konsumen agar membeli suatu produk
METODE PROMOSI PENJUALAN

Metode promosi penjualan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
  • promosi penjualan konsumen. promosi ini ditujukan agar konsumen termotivasi untuk mendatangi toko eceran dan/atau membeli produk tertentu. teknik ini dapat dimanfaatkan untuk menarik orang mendatangi toko-toko pengecer tertentu, memperkenalkan produk baru atau mempromosikan produk yang sudah lama dikenal.
  • promosi penjualan perdagangan. Promosi ini ditujukan untuk memberikan dorongan pada grosir dan pengecer agar membawa dan memasarkan produk perusahaan secara agresif. Teknik ini pada umumnya menawarkan imbalan pada perantara berupa uang, barang dagangan, hadiah, atau bantuan promosi

kesimpulan
seperti yang diketahui dalam eleman komunikasi pemasaran, banyak unsur yang dijadikan bahan komunikasi, akan tetapi jika kita dapat memberikan gambaran yang baik akan usaha yang kita akukan maka secara otomatis ketertarikan konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh prusahaan juga akan meningkat. Itu berarti bahwa peluang untuk memasaarkan pasar, menjual produk dalam jumlah yang semakin banyak, dan diakhiri dengan meningkatnya keuntungan perusahaan akan semakin meningkat.
Eleman komunikasi pemasaran adalah suatu proses penawaran produk dengan menggunakan berbagai macam cara yang terdiri dari promosi, publisitas,hubungan masyarakat (public relations), dan personal selling.

daftar pustaka
(31 Desember 2011)
http://usman--maulana.blogspot.com/2011/03/elemen-komunikasi-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar