Eleman komunikasi pemasaran salah satu proses
penting dalam memasarkan produk di pasar. Aspek ini kelihatan sederhana karena
sudah lazim dikenal oleh kebanyakan orang dan sering kali dijumpai dikehidupan
sehari – hari dalam berbagai bentuk dari barang cetak sampai penggunaan media
massa seperti televisi. Disamping kita harus mempunyai pengetahuan yang lengkap
mengenai hal tersebut tetapi hal itu
pelu jugadidukung oleh keterampilan yang tinggi untuk dapat menciptakan satu
produk komunikasi yang sunggu dapat menjadi alat komunikasi yang diterima oleh
konsumen.
Ada empat elemen dasar dalam komunikasi
pemasaran yaitu Advertising, Public Relations, Sales Promotion, dan Personal
Selling.
A.
Advertising
Advertising atau iklan adalah segala bentuk
penyampaian pesan secara komersil. Ada beberapa bentuk dari iklan yaitu:
B.
Ambient
advertising
Pesan – pesan yang dipasang dalam bentuk –
bentuk tertentu dalam lingkungan kehidupan masyarakat.
Contoh: pesan iklan dalam tiket bis, nota pembayaran,
dsb.
ü Press advertising Pesan iklan yang tampil
pada media cetak.
ü TV advertising Pesan iklan yang tampil pada
sela – sela jeda program siaran televisi.
ü Radio advertising Pesan iklan yang tampil
pada sela – sela jeda program siaran radio.
ü Outdoor advertising Pesan iklan di ruang
terbuka seperti billboard, halte bis, dsb.
ü Transport advertising (inside and outside) Pesan
iklan pada alat dan sarana transportasi umum baik di dalam ruang maupun diluar
transportasi umum.
Contoh: iklan pada badan bis dan iklan di dalam ruang bis.
C.
Public
Relations
Public relations atau yang dikenal dengan
istilah hubungan masyarakat (humas) adalah bentuk usaha atau aktivitas yang
berkelanjutan dan terencana dengan tujuan untuk membangun dan mempertahankan
niat baik dan pemahaman yang saling menguntungkan antara pihak perusahan dengan
masyarakat.
Fungsi kehumasan digunakan melalui press
release yaitu pembeberan cerita atau informasi yang berkaitan dengan aktivitas,
prestasi, dan hal – hal lain dari perusahaan. Aktivitas ini bermanfaat di dalam
membangun, mengembangkan, dan mempertahankan corporate identity (identitas
perusahaan).
D.
Sales
Promotion
Sales promotion atau promosi penjualan adalah
segala macam aktivitas yang didesain untuk meningkatkan penjualan jangka pendek
melalui program – program promosi penjualan seperti pemberian diskon, sampel
produk, dsb.
Aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui
penyelenggaraan suatu event atau pameran (exhibition) ataupun melalui penawaran
telepon (telemarketing dan sales call) dengan sumber data dari database
(database marketing).
E.
Personal
Selling (Direct Marketing)
Personal selling atau penjualan personal dan
penjualan langsung adalah aktivitas penjualan produk dengan cara tatap muka,
melalui telemarketing, ataupun internet kepada target konsumen spesifik atau
tertentu.
TUJUAN PROMOSI
PENJUALAN
- mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
- mengkomunikasikan produk baru
- meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal luas
- menginformasikan kepada konsumen mengenai peningkatan kualitas produk
- mengajak konsumen untuk mendatangi toko tempat penjualan produk
- memotivasi konsumen agar membeli suatu produk
METODE PROMOSI
PENJUALAN
Metode promosi penjualan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
- promosi penjualan konsumen. promosi ini ditujukan agar konsumen termotivasi untuk mendatangi toko eceran dan/atau membeli produk tertentu. teknik ini dapat dimanfaatkan untuk menarik orang mendatangi toko-toko pengecer tertentu, memperkenalkan produk baru atau mempromosikan produk yang sudah lama dikenal.
- promosi penjualan perdagangan. Promosi ini ditujukan untuk memberikan dorongan pada grosir dan pengecer agar membawa dan memasarkan produk perusahaan secara agresif. Teknik ini pada umumnya menawarkan imbalan pada perantara berupa uang, barang dagangan, hadiah, atau bantuan promosi
kesimpulan
seperti yang diketahui dalam eleman
komunikasi pemasaran, banyak unsur yang dijadikan bahan komunikasi, akan tetapi
jika kita dapat memberikan gambaran yang baik akan usaha yang kita akukan maka
secara otomatis ketertarikan konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh
prusahaan juga akan meningkat. Itu berarti bahwa peluang untuk memasaarkan
pasar, menjual produk dalam jumlah yang semakin banyak, dan diakhiri dengan
meningkatnya keuntungan perusahaan akan semakin meningkat.
Eleman komunikasi pemasaran adalah suatu
proses penawaran produk dengan menggunakan berbagai macam cara yang terdiri
dari promosi, publisitas,hubungan masyarakat (public relations), dan personal
selling.
daftar
pustaka
(31 Desember 2011)
http://blogrumyeniarum.blogspot.com/2011/03/elemen-komunikasi-pemasaran.html (jumat, 11 Maret
2011)
http://usman--maulana.blogspot.com/2011/03/elemen-komunikasi-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar